RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri 2 Pejagoan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VA/1
Materi Pokok : Pengukuran Sudut
Alokasi Waktu : 2x 35 menit (1 x Pertemuan)
Hari/Tanggal : Jumat, 28 Oktober 2011
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan dalam pemecahan masalah.
B. KOMPETENSI DASAR
2.3 Melakukan pengukuran sudut.
C. INDIKATOR
1. Menyebutkan macam-macam sudut.
2. Menentukan dan menaksir besar suatu sudut.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kerja kelompok dengan teman sebangku disertai penjelasan guru tentang macam-macam sudut, siswa dapat menjelaskan macam-macam sudut dengan benar.
2. Melalui kerja kelompok dengan teman sebangku disertai tanya jawab guru dengan siswa tentang besar sudut lancip, siku-siku, tumpul dan sudut lurus, siswa dapat menyebutkan besar sudut lancip, siku-siku, tumpul dan sudut lurus dengan tepat.
3. Melalui kerja kelompok dengan teman sebangku tentang besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka, siswa dapat menghitung besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka dengan tepat.
4. Melalui kerja kelompok dengan teman sebangku tentang cara menentukan besar sudut kedua jarum jam, siswa dapat menentukan besar sudut kedua jarum jam dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
1. Macam-macam Sudut
Mari kita mengenal kembali macam-macam sudut, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
2. Besar Sudut Lancip, Siku-Siku, Tumpul Dan Sudut Lurus
Sudut lancip besarnya <900
Sudut Siku-siku besarnya 900
Sudut tumpul besarnya > 900 tetapi < 1800
Sudut lurus besarnya 1800
3. Besar Sudut Jam Dinding Tiap Jarak Dua Angka
Pada jam terdapat 12 angka. Angka yang satu dengan yang lain berjarak sama. Besar sudut satu putaran sama dengan 360°. Oleh karena itu, besar sudut yang dibentuk oleh jarum jam pada setiap jarak dua angka adalah sama, yaitu 360° : 12 = 30°.
4. Cara Menentukan Besar Sudut Kedua Jarum Jam
Perhatikan contoh berikut.
Pada pukul 03.00 jarum panjang menunjuk angka 12 dan jarum pendek menunjuk angka 3. Besar sudut yang dibentuk = 30° × 3 = 90°.
Pada pukul 08.30, jarum panjang menunjuk angka 6 dan jarum pendek menunjuk titik tengah antara angka 8 dan 9. Besar sudut dari angka 6 sampai 8 = 30° × 2 = 60°.
Besar sudut dari angka 8 sampai jarum pendek = 1 × 30° = 15°.
2
Jadi, besar sudut yang ditunjukkan kedua jarum jam = 60° + 15° = 75°.
F. MODEL, METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran
Cooperatif Learning
2. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Kerja Kelompok
3. Media Pembelajaran
a. Model Jam dinding.
b. Buku, kertas.
G. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal (±15 Menit)
a. Salam Pembuka: ”Assalamu’alaikum Wr. Wb.”
b. Berdoa: ”Sebelum kita memulai pelajaran hari ini, mari kita berdo’a terlebih dahulu.”
c. Mengecek kehadiran siswa: ”Siapa teman kalian yang hari ini tidak berangkat?”
d. Tes Penjajagan: ”Siapa yang suka memakai jam tangan?”
e. Acuan: ”Hari ini kita akan belajar tentang sudut. Ibu berharap kalian dapat menyebutkan macam-macam sudut, menjelaskan besar sudutnya serta dapat menghitung besar kedua sudut jarum jam.”
f. Appersepsi: Ibu ingin bercerita sedikit tentang kebiasaan Ibu sejak sekolah. Sejak Ibu SD, Ibu senang sekali memakai jam tangan, bahkan sampai sekarang juga. Setelah Ibu amati, ternyata setiap dua jarum jam dapat menunjukkan bermacam-macam sudut”.
2. Kegiatan inti (±40 Menit)
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1) Siswa dibantu guru menyiapkan buku sumber belajar.
2) Siswa dibantu guru menyiapkan alat peraga berupa model jam dinding.
3) Siswa bersama guru menyiapkan benda sekitar sebagai contoh macam-macam sudut.
4) Siswa membentuk kelompok dengan teman sebangku.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang macam-macam sudut.
2) Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang besar sudut lancip, siku-siku, tumpul dan sudut lurus.
3) Masing-masing ketua yang telah terbentuk dalam kelompok memberikan penjelasan tentang macam-macam sudut.
4) Ketua kelompok kembali ke anggotanya masing-masing.
5) Masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja untuk menuliskan satu soal pertanyaan untuk mencari besar sudut pada jarum jam.
6) Kertas yang berisi pertanyaan ditukar dari satu siswa ke siswa yang lain secara acak.
7) Setelah siswa dapat satu kertas, siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas tersebut.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1) Siswa dibantu guru membahas macam-macam sudut.
2) Siswa bersama guru menyimpulkan macam-macam sudut.
3) siswa dibantu guru menentukan besar sudut lancip, siku-siku, tumpul dan sudut lurus.
4) Siswa menyimpulkan besar sudut jam dinding tiap jarak dua angka.
3. Kegiatan Penutup (±15 Menit)
Dalam kegiatan penutup:
1) Siswa diberikan kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang materi yang baru saja disampaikan.
2) Siswa bersama guru mereview materi pelajaran secara keseluruhan.
3) Siswa mencatat hal-hal yang penting dari materi pelajaran.
4) Siswa melaksanakan evaluasi hasil.
5) Siswa bersama guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa.
6) Siswa menjawab salam dari guru.
H. SUMBER PEMBELAJARAN
RJ, Soenarjo. 2008. Matematika 5 SD dan MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan. (Halaman 77)
YD, Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 5. Jakarta: Pusat Perbukuan. (Halaman: 54)
------------------------. 2011. Gambar macam-macam sudut dalam http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://ihya85.files.wordpress.com/2009/11/jenis-sudut.jpg&imgrefurl=html di unduh pada tanggal 19 Oktober 2011
I. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian
a. Penilaian Proses/Unjuk Kerja/Penampilan
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Akhir | Ket | ||
Keaktifan | Kerjasama | Keberanian | ||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | |
Skor Kuantitatif (angka skala 100)
Deskriptor Penilaian
1) Keaktifan
Aspek Penilaian:
Aktif bertanya.
Aktif menjawab.
Aktif menanggapi.
Aktif mencari tahu.
2) Kerja sama
Aspek penilaian:
Mau bekerja dalam kelompok.
Mengerjakan tugas bersama-sama.
Saling melengkapi.
Tidak saling menyalahkan.
3) Keberanian
Aspek penilaian:
Berani menjawab pertanyaan guru.
Berani mengajukan pendapat.
Berani mengajukan pertanyaan.
Berani menyanggah pendapat orang lain yang dirasa kurang benar.
Kriteria penilaian:
Skor ≥ 80 : Semua aspek penilaian terpenuhi.
Skor 70-79 : Tiga aspek penilaian terpenuhi.
Skor 60-69 : Dua aspek penilaian terpenuhi.
Skor ≤ 59 : Satu aspek penilaian terpenuhi.
a. Penilaian Produk/Hasil
1) Prosedur Penilaian : Penilaian Hasil
2) Jenis Tes : Tes Tertulis
3) Bentuk Tes : Subjektif
4) Instrumen, Kunci Jawaban, dan Teknik Penskoran
4.1 Instrumen
1. Tentukan nama sudut pada setiap gambar berikut!
a. b. c. d.
e.
2.
|
a. b. c. .
d. e.
4.2 Kunci Jawaban
1. a. Sudut lancip
b. Sudut siku-siku
c. Sudut lurus
d. Sudut tumpul
e. Sudut lurus
2. a. Pada pukul 04.00 jarum panjang menunjuk angka 12 dan jarum pendek menunjuk angka 4. Besar sudut yang dibentuk = 30° × 4 = 120°.
b.Pada pukul 06.00 jarum panjang menunjuk angka 12 dan jarum pendek menunjuk angka 6. Besar sudut yang dibentuk = 30° × 6 = 180°.
c. Pada pukul 10.00 jarum panjang menunjuk angka 12 dan jarum pendek menunjuk angka 10. Besar sudut yang dibentuk = 300 x 2 = 600.
d. Pada pukul 12.30, jarum panjang menunjuk angka 6 dan jarum pendek menunjuk titik tengah antara angka 12 dan 1. Besar sudut dari angka 12 sampai 6 = 30° × 6 = 180°.
Besar sudut dari angka 12 sampai jarum pendek = ½ × 30° = 15°.
Jadi, besar sudut yang ditunjukkan kedua jarum jam = 180° - 15° = 175°.
e.Pada pukul 04.30, jarum panjang menunjuk angka 6 dan jarum pendek menunjuk titik tengah antara angka 4 dan 5. Besar sudut dari angka 5 sampai 6 = 300 x 1 = 300. Besar sudut dari angka 4 sampai jarum pendek = ½ x 300 = 150. Jadi, besar sudut yang ditunjukkan kedua jarum jam = 300 + 150 = 450.
4.3 Teknik Penskoran
Nilai = Skor Perolehan X 100
Skor Maksimal
Skor maksimal 10 x 10 = 100
2. Daftar Skor Hasil
No. | Nama Siswa | Skor Hasil | Keterangan |
| | | |
Skor Kuantitatif (angka skala 100)
3. Tindak Lanjut
a. Kegiatan Remidi dilaksanakan apabila nilai siswa kurang dari KKM (N < 66,00)
b. Kegiatan Pengayaan dilaksanakan apabila nilai siswa lebih dari KKM (N ≥ 66,00)
c. Analisis hasil dapat dilakukan pada waktu akhir pembelajaran atau setelah pembelajaran selesai dan pelaksanaan tindak lanjut dilaksanakan oleh guru pamong.
You got a really useful blog I have been here 918kiss reading for about half an hour. I am a newbie and your post is valuable for me.
BalasHapusValuable site, where did u come pussy888 game
BalasHapusup with the information in this posting I am pleased I discovered it though, ill be checking back soon to find out what new content pieces u have.
scr888 kiosk Thanks for sharing scr888 bonus info. Keep scr888 hack up the good work.scr888 agent We hope you will visit our blog often as we discuss topics of interest scr888 download to you
BalasHapusAmazing that would be such a wonderful event for you, i wish could be there. and photos rollex casino download you shot are awesome.
BalasHapusE-sports are exciting, 24 hours per game. The best online additional hints gambling sites are now ready to find the money for esports services. daring bets are choice entertainment all epoch you use it will inspire you and win huge prizes. This is unusual gambling game for futuristic people who adore challenges that will keep you glad throughout the battle. encounter for prize maintenance by initiation services in merged forms, unorthodox game that is achievement broad attention.
BalasHapus