Mengenai Saya

Thx 4 all,udah msuk ke blog Bu Dew. Semoga bermanfaat...

Jumat, 07 Oktober 2011

Kreativitas Musik Estetis

Sekarang ini dunia dipenuhi dengan aktivitas musik. Dari acara keagamaan sampai kenegaraan, baik individual bahkan kolosal. Ini membuktikan bahwa musik sebagai proses fundamental hidup manusia. Bahkan berdasarkan penelitian, musik dapat meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini dapat dilakukan melalui pengembangan kreativitas estetis yaitu penguasaan pengetahuan, apresiasi dan keterampilan musik.
            Anak dapat memperoleh gambaran tentang musik melalui proses mendengarkan musik yaitu membayangkan dan mengingat kembali bunyi musik. Bernyanyi yang dapat memberi pengalaman dan mengembangkan kemampuan vokal. Bermain musik memberi pengalaman langsung tentang gampang dan susahnya memainkan alat musik dan bisa mengembangkan minat anak untuk mendalaminya. Bergerak mengikuti musik seperti menepuk, bertepuk dan bergoyang jika mendengar musik dapat mengembangkan rasa irama anak. Membaca musik dapat dilakukan dengan kegiatan membaca not secara langsung dan praktis. Kreativitas anak dengan memberi kesempatan anak untuk membongkat dan menyusun kembali lagu, mengubah atau bahkan menambah dapat menunujang pemahaman dan pengembangan kreativitas.
            Untuk dapat lebih memahami musik, anak bukan hanya sekedar menghafal tetapi perlu melakukan sendiri seperti mencoba meniup recorder, memetik gitar atau bermain organ. Bermain musik dapat menimbulkan rasa senang bahkan bisa  dijadikan sebagai hobi karena dapat menghilangkan stres bahkan melupakan sejenak kepenatan yang dirasakan setelah seharian beraktivitas. Pengalaman bermusik anak akan selalu teringat dibenak mereka. Hal ini mendorong anak menciptakan pola irama dan melodi yang dapat meningkatkan kreativitas.
Pengetahuan dasar tentang musik dapat mendorong rasa suka atau tidak suka anak yang dinamakan apresiasi. Ketika anak mulai menyukai musik maka ia akan memainkan suatu alat musik dan menyanyikan sebuah lagu sehingga anak menjadi terampil. Keterampilan akan menumbuhkan kemauan anak untuk berimprovisasi sehingga akan menunjang pemahaman dan pengembangan kreativitas.
             


            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar